Yakin Jerat Setnov, KPK Minta Perpanjangan Cekal

0
5

Aksi Dukung KPK AKSI DUKUNG KPK: Sejumlah pegiat anti-korupsi melakukan penandatanganan saat aksi dukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Padang, Sumatera Barat, Senin (2/10) malam. Aksi dukung KPK merupakan kepedulian mahasiswa dan pegiat anti korupsi di Sumatera Barat atas bebasnya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto dari status tersangka dalam kasus KTP elektronik pada praperadilan dan meminta Komisi Yudisial memeriksa hakim Cepi Iskandar. (Foto: Ant/Muhammad Arif Pribadi). ARTIKEL TERKAIT Setnov Menang, MA: Putusan Praperadilan Tidak Hilangkan Perbuatan Pidananya Setnov Menang Praperadilan, MA: Idependensi Hakim Tak Dapat Diintervensi KPK Periksa Adik Andi Narogong Untuk Bos Quadra Solution Agun Akui Terima Honor dari Irman Modus Kelicikan Cepi Iskandar Harus Diperiksa Jakarta, (Tagar 3/10/2017) – Yakin dapat menjerat Setya Novanto (Setnov) dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik (E-KTP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan perpanjangan permintaan cegah terhadap ketua DPR Setya Novanto.

“Kemarin, 2 Oktober 2017 ada surat dari KPK yang ditandatangani oleh Ketua KPK (Agus Rahardjo), isinya pencegahan, pelarangan ke luar negeri atas nama pak SN (Setya Novanto), untuk kasus pengadaan KTP Elektronik,” kata Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Agung Sampurno di Jakarta, Selasa (3/10).

Disebutkan, surat cegah itu berlaku hingga enam bulan ke depan.

“Pencekalan untuk enam bulan ke depan, jadi April 2018 jatuh temponya. Dengan demikian maka, surat pertama sudah gugur atau digantikan dengan surat yang baru,” tambah Agung.

Sebelumnya KPK sudah sekali meminta permintaan cegah untuk Setya Novanto yaitu pada 10 April 2017 dan akan habis masa berlakunya pada 10 Oktober 2017. Ia dicegah dalam kapasitasnya sebaga saksi proyek E-KTP.

Setnov tetap dicegah keluar negeri pascakeputusan hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Cepi Iskandar pada 29 September 2017 yang mengabulkan gugatan praperadilan Setya Novanto sehingga menyatakan bahwa penetapan Ketua DPR itu sebagai tersangka tidak sesuai prosedur. (ant/yps) [ YLD ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here