Vina Panduwinata Ungkap Kisah Saat Berhenti Merokok

0
6

vina-panduwinata

Vina Panduwinata ternyata sudah 40 tahun menjadi perokok aktif. Perempuan yang kerap disapa Mama Ina ini sudah merokok sejak usianya masih 17 tahun. Namun, ketika dirinya mulai mengalami gangguan pada kesehatan dan juga suaranya, Vina pun sadar dan memutuskan untuk berhenti merokok.

“Aku berasa tidak bisa maksimal kalau nyanyi ya. Begitu aku booster, dokternya bilang kayaknya aku sudah sampai titik alergi nih, kalau sudah sampai titik itu ya kita harus perbaiki,” kata Vina saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2017).

Kini, sudah dua bulan, Vina akhirnya bisa lepas dari kebiasaannya merokok. Meskipun demikian, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah karena menghentikan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaannya itu berimbas pada mood-nya.

“Itu menyebabkan produksi lendir banyak dan nyanyinya enggak maksimal . Alhamdulillah dua bulan ini suara udah kembali, banyak banget perubahannya,” ungkap Vina.

“Minggu pertama setengah mati makannnya enggak berhenti. Yang pertama bawaannya pengin marah, ngajak wawancara pengin marah rasanya, setelah itu enggak,” imbuhnya.

Keputusan untuk berhenti merokok memang tak mudah. Namun dengan kemantapan hatinya, Vina pun menjalaninya. Iapun membagikan tips jika berhenti merokok harus memperbanyak air putih.

“Sebetulnya berhenti yang tiba-tiba bahaya. Tapi alhamdulillah Mama Ina sudah dikasih tahu sama kakak Mama Ina yang sudah berhenti duluan. ‘Hati-hati ya bengeknya keluar, flu, sakit kepala, keluar.’ Bismillah deh aku masih mampu,” ujar Vina.

“Pas berhenti tiba-tiba harus hati-hati, jantungnya, atau paru-parunya. Hati-hati ya, mama Ina sudah bilangin ya. Pesan mama Ina cuma satu, air putihnya dibanyakin,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here