Vagina Gatal-gatal, 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Penyembuhnya

0
51

Garam, bawang putih, cuka sari apel, Yogurt, dan air dingin bisa digunakan untuk mengurangi gatal pada vagina.

Vagita Gatal, 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Solusi

Tidak dipungkiri jika vagina merupakan organ intim yang harus selalu dijaga kesehatan dan kebersihannya oleh wanita. Namun wanita kerap mengalami gatal, pada organ vitalnya tersebut. Berikut ini 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada vagina, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Bawang putih

Sifat antibakteri yang terkandung pada bawang putih mampu menghilangkan rasa gatal pada vagina. Anda dapat memasukkan beberapa siung bawang putih ke dalam masakan atau dikonsumsi sesuai dengan selera.

Cuka sari apel

Selain bawang putih, cuka sari apel juga memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa gatal pada vagina yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Cari suka apel juga dapat membuat vagina menjadi asam, sehingga bakteri tidak dapat berkembang biak di dalam vagina.

Yogurt

Walaupun rasanya sedikit asam, namun yogurt tetap banyak menyukai. Selain lezat, yogurt memiliki zat aktif yang dapat menghilangkan bakteri jahat dan dapat menambah bakteri baik pada vagina. Anda hanya perlu mengonsumsi yogurt tanpa pemanis setiap hari.

Garam

Garam juga memiliki sifat antibakteri yang secara efektif mampu menghilangkan rasa gatal dan membasmi bakteri yang ada pada vagina.

Mengompres dengan air dingin

Gatal pada vagina seringkali terjadi pada malam hari. Hal tersebut sangat merepotkan karena tentunya dapat mengganggu waktu tidur. Untuk menghentikan rasa gatal yang sangat mengganggu tersebut, Anda dapat mengompres vagina dengan air dingin atau es batu.

Namun jika gatal pada vagina tak kunjung membaik, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya. Karena gatal pada vagina bisa juga dikarenakan adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan menyebabkan menjadi sulit hamil.