Tips Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak “Prengus”

0
43

kambing

Hari Kamis (24/9) umat muslim di tanah air akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut dengan lebaran haji. Nah salah satu ciri khas Idul Adha adalah pemotongan hewan kurban baik sapi maupun kambing.

Biasanya pula, masyarakat akan mendapatkan daging kambing. Nah, begitu dapat daging tersebut, biasanya masyarakat akan mengolahnya baik menjadi sate atau dibuat sup.

Mungkin bagi sebagian orang, memasak daging kambing itu tergolong ‘susah-susah gampang’ mengolahnya. Daging kambing punya sejumlah keistimewaan yang tidak dimiliki oleh daging sapi.

Daging kambing yang berbau ‘prengus’ dan susah empuk membuat tak banyak orang suka mengolahnya sendiri di rumah, walau daging kambing sebenarnya lebih ‘menggoda’ kalau diolah dengan baik.

Lalu bagaimana cara  daging kambing biar empuk dan tidak berbau ‘prengus’? Berikut ini tips-nya:
– Hilangkan prengus dengan mengiris lapisan lemak yang menempel di daging
Mengiris lemak ini pun butuh trik. Caranya masukkan daging kambing ke dalam kulkas hingga membeku. Memisahkan lemak dari dagingnya dengan mengirisnya saat dalam keadaan beku akan lebih mudah ketimbang saat suhu normal.

– Jangan mencuci daging
Karena daging kambing yang dicuci justru jadi penyebab  daging kambing menimbulkan bau prengus yang tajam

– Baluri daging kambing dengan potoran nanas!
Potong daging kambing dan siram dengan air panas. Kemudian celupkan dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit saja. Tapi ingat, pilihlah nanas yang masih berwarna hijau.

– Bungkus dengan daun pepaya
Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Sebab enzim di dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Kalau tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

– Kucuri dengan jeruk nipis
Disamping   dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis ternyata juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, selanjutnya masak seperti biasa.