Tips Atasi Kulit Wajah Berminyak

0
59

Tips Atasi Kulit Wajah BerminyakTips Atasi Kulit Wajah Berminyak

Memalukan.info – Kulit berminyak yaitu kelebihan minyak yang dibuat oleh lapisan kulit. Keadaan kulit begini dikarenakan oleh produksi sebum berlebihan.

Sebum memang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit supaya tetaplah seimbang. Tetapi, sebum yang sangat banyak akan menyumbat pori-prori, sampai menimbulkan jerawat, komedo serta kulit iritasi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang butuh Anda perhatikan jika punya tipe kulit berminyak, seperti dilansir dari Viva.

Jika tidak ada perubahan pada wajah meskipun sudah dibasuh dengan sabun, saatnya Anda mengganti sabun pencuci wajah yang lebih baik. Sebaiknya gunakan pembersih wajah yang tidak terlalu creamy dan pilih sabun yang mengandung benzoyl peroxide, tea tree oil, asam salisilat. Bahan-bahan tersebut dikenal baik untuk mengatasi wajah berminyak.

Jangan terlalu sering mencuci wajah untuk menghilangkan minyak berlebih. Jika wajah berminyak, sebaiknya atasi saja dengan kertas minyak wajah. Kertas ini membantu menyerap minyak berlebih dan mencegah kulit mengkilap akibat minyak.

Pelembap kerap menjadi item yang dihindari untuk mencegah timbulnya wajah mengkilap akibat minyak di wajah. Padahal, menghindari pelembap akan membuat wajah menjadi kering dan kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Untuk menghindari wajah berminyak banyak ahli menyarankan penggunaan pelembap agar kulit tetap terhidrasi. Anda hanya perlu mencari krim pelembap yang tepat, terutama mengandung hyluronic acid, aloe vera, gliserin dan hindari penggunaan minyak kelapa, petroleum dan cocoa butter.

Riasan berlebihan hanya akan menutup pori-pori Anda. Sebaiknya gunakan make-up yang tidak terlalu tebal dan bebas minyak. Carilah foundation berbahan mousse ketimbang yang cair.

Untuk menyempurnakan riasan, Anda dapat gunakan bedak compact. Jangan lupa untuk selalu bersihkan riasan wajah agar kulit dapat bernafas.

Banyak sekali resep rumahan untuk wajah yang mengharuskan Anda untuk memulasnya di wajah dengan cara digosok-gosokkan ke kulit agar kulit mati terangkat. Namum, cara ini dianggap memicu produksi minyak lebih banyak.

Tak hanya itu, hindari penggunaan air panas karena akan menghilangkan asam lemak yang dibutuhkan kulit. Sebaiknya gunakan maker lumpur yang dianggap lebih baik untuk digunakan oleh mereka dengan kulit berminyak. (ndi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here