Tips Agar Anak Siap Lepas dari Diapers

0
34

Tips Agar Anak Siap Lepas dari DiapersTips Agar Anak Siap Lepas dari Diapers

Memalukan.info – Sudah besar, namun masih tetap belum bisa lepas dari diapers? Banyak orangtua mengeluh, lantaran anak-anaknya susah terlepas dari diapers, walau sebenarnya harusnya di umur 2-3 tahun, mereka semestinya dibiasakan memanfaatkan toilet. Tetapi sayangnya, kebiasaan memakai diapers buat anak-anak zaman sekarang jadi malas dan sulit sekali diajarkan memanfaatkan toilet.

Meski sulit, tetapi bukan bermakna kita dapat mengabaikan persoalan ini, lantaran seperti yang kita ketahui pemakaian diapers pada anak yang udah besar bisa beresiko, diantaranya : sebabkan ISK, anak jadi tak mandiri, serta yang lain. Alasan tersebut yang membuat para orangtua mesti kita mesti terus membiarkan anak dari diapers. Apa iya, Anda tega membiarkan anak-anak terkait pada diapers selamanya? Nah, supaya Anda tak kesulitan hadapi persoalan ini,

Sebelum memutuskan membiarkan anak dari diapers, sebaiknya pahami dahulu tanda-tanda kalau anak sudah siap terlepas dari diapers, salah satunya :

Anak seringkali melepas sendiri diapersnya karena sebab tertentu, misalnya : penuh, kotor, atau yang lainnyaAnak minta ganti diaper lantaran terasa tak nyamanAnak udah perlihatkan ekspresinya waktu akan BAB/BAKBisa merasakan kebebasan ketika diapers dilepas dan tidak mau mengenakan diapers lagi

Untuk pertama kalinya, biasanya Anda sangat repot, karena harus menandai jadwal buang air kencing anak atau memahami isyarat saat anak hendak BAK, misalnya setiap 3 jam sekali atau biasanya tubuhnya agak bergetar seperti menahan kencing. Ketika itu terjadi, Anda bisa menggendongnya ke toilet untuk kencing. Jika anak merasa malas, cobalah siramkan air pada kakinya, dijamin mereka akan langsung kencing.
2. Berikan reward atau pujian
Ketika anak berhasil menjalani toilet training, jangan lupa berikan reward atau pujian. Katakan bahwa dia anak yang hebat dan mintalah dia memberitahukan lagi jika ingin kencing.

Anda bisa memberikan pemahaman pada anak bahwa lepas dari diapers itu menyenangkan sekali dan berikan contoh teman-temanya yang sudah mulai lepas dari diapers. Dijamin mereka akan terinspirasi dan mau berusaha lepas dari diapers.

Ketika anak-anak sudah mulai mampu mengontrol BAB/BAKnya, Anda bisa mengurangi penggunaan diapers secara bertahap, misalnya gunakan saat anak bermain di siang hari dan saat tidur.

Sebelum tidur, ajarkan anak agar mau kencing lebih dulu agar tidak mengompol. Selain itu, biasakan anak tidak banyak minum sebelum tidur, agar tidak sering kencing.

Anak-anak membutuhkan banyak waktu untuk menyesuaikan diri, karena itu hindari memarahi atau membentak anak karena dapat membuat mereka trauma atau putus asa sehingga tidak mau belajar.

Jika Anda mencoba melepaskan diapers anak saat tidur, jangan lupa menyiapkan perlak agar ketika anak ngompol tidak membasahi kasur.

Namnya anak-anak, seringkali menguras kesabaran. Namun begitu, Anda tetap harus mendampingi anak-anak dengan sabar dan telaten. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here