Tim Biro Hukum KPK Tunjukkan ‘Traffic’ Komunikasi Setnov

0
37

Sidang Praperadilan Setya Novanto

Pertarungan KPK versus Setya Novanto (Setnov) kian dalam. Tim Biro Hukum KPK menunjukkan adanya beberapa ‘traffic’ komunikasi atau penjelasan terkait peran dan kedudukan Setya Novanto.

Tiga bukti tambahan diserahkan Tim Biro Hukum KPK dalam lanjutan sidang praperadilan yang diajukan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (27/9).

“Hari ini kami memberikan bukti tambahan berupa dokumen surat yang pada intinya menunjukkan adanya beberapa ‘traffic’ komunikasi atau penjelasan terkait dengan peran dan kedudukan yang bersangkutan,” kata Kepala Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Setiadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (27/9).

Kata dia, ada juga bukti tambahan berupa Berita Cara Pemeriksaan (BAP) para saksi yang telah diperiksa oleh KPK dalam proses pemeriksaan dengan tersangka lain terkait dengan penetapan tersangka terhadap Setya Novanto.

“Ketiga, karena bukti yang kami ajukan terkait dokumen hasil dari sistem dan aplikasi tentang proses bisnis E-KTP maka kami hadirkan saksi ahli dari UI yang akan menjelaskan bagaimana proses E-KTP disusun dan dibuat. Sistemnya bagaimana, elektroniknya bagaimana disusun,” tutur Setiadi.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melalui Hakum Tunggal Cepi Iskandar menggelar sidang lanjutan praperadilan Setya Novanto dengan agenda mendengarkan keterangan ahli dari pihak termohon dalam hal ini KPK.

Adapun ahli-ahli yang dihadirkan KPK antara lain Ahli Sistem Komputer dan Teknologi Informasi dari Universitas Indonesia (UI) Bob Hardian, ahli hukum pidana Noor Aziz Said, ahli administrasi negara dari Universitas Andalas Feri Amsari, dan ahli hukum acara pidana Adnan Paslyadja.

Kali ini, Ketua KPK Agus Rahardjo juga memantau langsung jalannya sidang praperadilan. Agus yang mengenakan batik lengan pendek warna coklat muda tampak duduk di baris kelima, berbaur dengan pengunjung sidang serta wartawan.

Sebelumnya, dalam sidang praperadilan Selasa (26/9), Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memantau langsung jalannya sidang. “Biar rohnya pimpinan ada di rohnya teman-teman yang lagi berjuang di sini,” kata Saut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

Terkait sidang praperadilan tersebut, Saut menyatakan keyakinannya bahwa KPK dapat memenangkannya. “Kami yakin saja,” ucap Saut. (yps/ant) [ YLD ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here