Loading...
Kasus Selebritis

The People v OJ Simpson, serial baru panen Emmy

Pemain dan kru The People v. O.J. Simpson: American Crime Story menerima Emmy Awards sebagai Serial Terbatas Terbaik, Minggu (18/9/2016).

Pemain dan kru The People v. O.J. Simpson: American Crime Story menerima Emmy Awards sebagai Serial Terbatas Terbaik, Minggu (18/9/2016). © Chris Pizzello /AP Photo

Serial drama The People v. O.J. Simpson: American Crime Story memperoleh sukses besar dengan memboyong sembilan buah piala Emmy 2016. Beberapa di antaranya merupakan kategori yang mencerminkan kualitas serial ini seperti “Serial Terbatas Terbaik”, “Aktor Terbaik”, “Aktris Terbaik”, “Aktor Pendukung Terbaik”, dan “Penulisan Terbaik.”

Dari laman IMDB tertulis, American Crime Story adalah sebuah serial antologi yang mengisahkan beberapa pelaku kriminal paling terkenal sepanjang sejarah. Satu kriminal untuk setiap musim, yang terdiri dari 10 episode dengan durasi masing-masing 42 menit. Mirip dengan konsep satu tema untuk satu musim pada serial American Horror Story.

Untuk musim pertama, mereka membahas kasus O.J. Simpson, berdasarkan buku “The Run of His Life: the People vs OJ Simpson” oleh Jefrey Toobin, wartawan New Yorker.

Simpson adalah seorang mantan pemain American football yang sukses, sudah masuk Hall of Fame pada 1985. Setelah pensiun, ia menjadi seorang aktor.

Pada tahun 90-an, pria bernama lengkap Orenthal James Simpson ini punya kasus yang menghebohkan, disebut “People of the State of California v. O.J. Simpson.” Ia didakwa membunuh mantan istrinya, Nicole Brown-Simpson dan rekannya, seorang pelayan restoran bernama Ron Goldman.

Setelah proses persidangan yang panjang dan sensasional, pada Oktober 1995, dia dibebaskan dari tuduhan itu. Namun keluarga korban tidak terima sehingga mengajukan tuntutan kepada Simpson. Pada 1997, pengadilan sipil menjatuhkan denda senilai USD33,5 juta (Rp440,5 miliar) kepada mantan atlet ini.

Dalam serial ini, OJ Simpson diperankan oleh Cuba Gooding Jr, yang pernah memenangi Oscar lewat Jerry Maguire (1996). Namun aktor top di serial American Crime Story bukan hanya Gooding Jr.

Ada John Travolta, bintang utama Pulp Fiction (1994). Mengapa bintang film ini rela tampil di televisi, yang identik kurang berkelas dibandingkan film bioskop?

“Seniman lebih tertarik kepada kebebasan berpendapat,” ujar Travolta kepada Variety. “Sekarang, Anda lebih terbatas (untuk menyuarakan pendapat) di film layar lebar.”

Juga ada Sarah Paulson, yang bermain dalam serial populer lain yaitu American Horror Story dan salah satu film terbaik tahun lalu, Carol. Ingat Ross Geller dari serial Friends? Pemerannya, David Schwimmer bermain dalam American Crime Story. Schwimmer memerankan Robert Kardashian, pebisnis sekaligus pengacara yang juga ayah sosialita Kim Kardashian.

Aktor utama serial ini adalah Courtney B. Vance, yang dikenal lewat film 12 Angry Men (1997), The Hunt for Red October (1990), serta serial Law & Order: Criminal Intent (2001-2006).

Selain mereka, American Crime Story juga diperankan Kenneth Choi (dikenal lewat The Wolf of Wall Street, The Terminal, dan Suicide Squad), Sterling K. Brown (Rigtheous Kill, Stay), Bruce Greenwood (Star Trek: Into Darkness, Mad Men), dan Nathan Lane (The Lion King, Mousehunt).

Paulson, Vance, dan Brown memenangi Emmy untuk peran masing-masing, sementara Gooding Jr cukup dengan nomine saja.

American Crime Story: The People vs. O. J. Simpson – Official Trailer © JoBlo TV Show Trailers

About the author

Nina Marliana

Leave a Comment