Tanaman Gulma Ini Kaya Akan Omega 3

0
18

Tanaman Gulma Ini Kaya Akan Omega 3Tanaman Gulma Ini Kaya Akan Omega 3

Memalukan.info – Gulma merupakan jenis tanaman parasit pada tumbuhan yang kehadirannya tidak dikehendaki petani, lantaran mengganggu pertumbuhan tanaman paling utama, bahkan bikin tanaman mati.

Salah satu gulma yang banyak tumbuh merupakan krokot Portulaca oleracea. Tanaman ini berupa batang bulat yang tumbuh tegak, berdaun, tidak mempunyai akar, dan tumbuh sebagai tanaman liar yang dianggap mengganggu oleh warga.

Ada banyak warga yang meyakini kalau krokot tidak mempunyai faedah. Namun, satu analisa baru-baru ini mengatakan kalau daun krokot memilki faedah untuk kesehatan, salah satunya kadar omega-3 yang tinggi.

Omega 3 yang mutlak untuk kesehatan manusia adalah a-liomlenic acid (ALA), eicosapentaenoic acid (EPA) serta docosahexaenoic acid (DHA). Omega-3 juga berperan sebagai daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan serta sebagai anti-oksidan yang bisa menghambat perkembangan sel kanker.

Banyaknya manfaat dari tumbuhan krokot itu mendorong mahasiswa UNY untuk mengolah krokot menjadi makanan yang bergizi untuk kesehatan tubuh.

Mereka adalah Irmawan dari prodi kebijakan pendidikan, Hindun Nur ‘Aisyah dan Annis Noviana Rahmat Yani Wahidah dari prodi PG PAUD FIP, dan Astuti Lestari dari prodi kimia FMIPA UNY, bikin inovasi dengan bikin brownies dari tepung tumbuhan krokot yang banyak dibuang lantaran dianggap tidak berguna.

Menurut Irmawan krokot bisa menyembuhkan beragam macam penyakit seperti radang akut usus buntu, disentri, diare akut, radang payudara, pasir berdarah, keputihan, gangguan system saluran kencing, sakit kuning, cacingan, serta sesak napas.

“Krokot, bahkan sudah diidentifikasi sebagai sumber yang sangat baik dari asam alfa-linolenat” kata Irmawan.

Alfa-linolenat merupakan asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai minyak ikan. Kandungan ini bisa memainkan peran mutlak untuk kesehatan manusia dan mencegah penyakit. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here