Simalungun Matangkan Kereta Api Siantar-Danau Toba

0
5

Kereta Api Stasiun Besar Medan Calon penumpang terlihat antre membeli tiket kereta api menuju Bandara Internasional Kualanamu di Stasiun Besar Kereta Api Indonesia Medan, Sumatera Utara (27/3). (Foto: Ant/Widodo S Jusuf). Simalungun, (Tagar 29/9/2017) – Warga Sumatera Utara boleh tersenyum. Kepala Bappeda Kabupaten Simalungun Sarimuda Purba memastikan bahwa untuk mendukung pengembangan pariwisata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) telah mematangkan rencana pembukaan jalur rel kereta api ke kawasan Danau Toba.

“Kemarin, Bupati Simalungun dan pihak PT KAI sudah menandatangani MoU (nota kesepahaman) di Bandung, Jawa Barat,” kata Sarimuda Purba di Simalungun, Jumat (29/9).

Ia menyebutkan, secara umum nota kesepahaman itu berkenaan dengan pengembangan kawasan Danau Toba dan pemanfaatan lahan di Kabupaten Simalungun untuk jalur perkeretaapian.

“Untuk langkah selanjutnya, Pemerintahan Kabupaten Simalungun akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Pemerintah setempat ikut serta dalam menentukan lokasi lintasan rel kereta api tersebut,” jelas Sarimuda.

Ia mengharapkan, pembukaan jalur kereta api dimulai dari Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, melintasi sejumlah wilayah Kabupaten Simalungun yang nantinya mampu mengekspose objek-objek wisata sekitarnya.

“Ini adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk mengembangkan kawasan Danau Toba dengan mendukung pembangunan sarana dan prasarana secara memadai,” tegasnya. (yps/ant) [ YLD ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here