Setnov Minta Pemeriksaan Ditunda, KPK: Akan Dipelajari Dahulu

0
23

Setya Novanto Minta Tunda Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah. (Foto: Rizkia Sasi) ARTIKEL TERKAIT Ini Jadwal Pemeriksaan Ulang Untuk Setya Novanto Jaksa Sebut Pemenang Tender E-KTP Transfer Uang ke Pengacara Setya Novanto Mangkir, KPK Akan Pelajari Surat Keterangan Sakitnya Dirawat di RS Siloam, Setnov Tidak Penuhi Panggilan KPK Kasus E-KTP, KPK Periksa Dua Saksi Untuk Setya Novanto Jakarta, (Tagar 14/9/2017) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah menerima surat permintaan penundaan pemeriksaan untuk tersangka Setya Novanto (Setnov) dalam kasus dugaan korupsi KTP Elektronik (E-KTP) yang dikirimkan DPR.

“Surat tersebut sudah kita terima, tentu perlu dipelajari terlebih dahulu oleh pimpinan dan kami secara internal,” ujar Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (13/9).

Dalam surat yang diserahkan Setjen DPR ke KPK itu, Selasa (12/9), disebutkan pimpinan DPR meminta agar pemeriksaan Setya Novanto ditunda hingga praperadilan yang diajukan diputus hakim.

Menanggapi surat permintaan tersebut, Febri pun menekankan bahwa praperadilan adalah proses yang terpisah dengan proses penyidikan, sehingga KPK masih akan terus mengagendakan pemeriksaan terhadap saksi juga pemeriksaan terhadap tersangka Setya Novanto.

“Surat panggilan berikutnya juga sudah kita sampaikan pada tersangka untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jadi kita berharap di pemanggilan nanti yang bersangkutan itu dapat datang,” ucap Febri.

Sebelumnya, Kepala Biro Pimpinan Sekretariat Jenderal DPR RI Hani Tahapari pada Selasa (12/9) menyampaikan surat untuk KPK yang berisi permintaan agar lembaga antirasuah tersebut menunda proses penyidikan terhadap Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus korupsi proyek E-KTP.

Dalam surat tersebut, pemimpin DPR menilai praperadilan adalah hal yang lumrah dalam proses penegakan hukum dan meminta KPK mengedepankan azas praduga tak bersalah dan menghormati proses hukum praperadilan yang sedang berlangsung. (sas) [ YLD ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here