Perluasan Terminal Penumpang El Tari Mulai November

0
8

Perluasan Terminal Bandara

Bandara El Tari – Kupang. (Foto: Ist) ARTIKEL TERKAIT Normalisasi Ciliwung Belum Rampung, Ini Penyebabnya ESDM Siapkan Rantai Pasokan Pipa Virtual Gas Pembangunan Infrastruktur Membuat Suksesnya Arus Mudik 2017 Kupang, (Tagar 6/9/2017) – Perluasan terminal penumpang Bandara El Tari dari 7.400 meter persegi menjadi 15.900 meter mulai dilaksanakan November 2017.

“Sebenarnya proses perluasannya sudah dilakukan pada September atau Oktober tahun lalu seperti yang saya janjikan. Namun masih ada beberapa kendala dan masih ada perubahan di desainnya sehingga baru akan diproses pada November mendatang,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Wahyudi di Kupang, Rabu (6/9).

Ia menjelaskan, perlambatan proses perluasan itu karena pihaknya ingin agar di desain perluasan ada motif-motif lokal yang ditampilkan sehingga menunjukkan keunikan dari Bandara El Tari.

Wahyudi menambahkan, alasan perluasan kawasan Bandara El Tari karena setiap tahun jumlah penumpang yang melewati bandara tersebut semakin meningkat yang diperkirakan mencapai 1.900 per tahun.

“Dan bandara kita ini sudah tidak mampu menampungnya. Sebab saat ini kapasitas penampungan hanya mencapai 1.300 per tahun dan itu sudah overload mencapai 600 penumpang,” tuturnya.

Dalam desain yang telah dibuat, nantinya terminal penumpang dibuat dua lantai dengan lantai bawah untuk proses Check in serta lantai dua untuk ruang tunggu dilengkapi dengan dua garbarata atau jembatan penghubung antara bandara dengan pintu pesawat.

Dia mengatakan, anggaran untuk perluasan terminal penumpang itu pada awalnya mencapai Rp 100 miliar. Jumlah tersebut menurutnya bisa meningkat jumlahnya atau berkurang tergantung dari hasil desain yang tengah dibuat.

Sementara itu terkait rencana perluasan apron atau tempat parkir pesawat menurutnya juga akan diperluas karena jumlah pesawat semakin meningkat.

“Untuk apron yang disiapkan ada 12 apron. Namun saat ini yang terisi masih 11, namun sudah pasti akan diperluas lagi. Kalau untuk landasannya sudah cukup kok,” ujarnya.

Kemudian untuk jumlah pesawat yang datang dan pergi jumlahnya berkisar dari 70 hingga 75 pesawat karena terkadang adanya membatalkan penerbangan dan kendala lainnya. (yps/ant) [ YLD ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here