Periksa Banyak Saksi, KPK Telusuri Ke Mana Saja Aliran Dana E-KTP

0
26

KPK Telusuri Aliran Dana E-KTP

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah. (Foto: Rizkia Sasi) ARTIKEL TERKAIT Terkait Setya Novanto, KPK Sita Barang Bukti di Rumah Saksi Hari Ini KPK Periksa Agun Gunandjar Untuk Setya Novanto Dilaporkan ke Bareskrim, KPK Jamin Keselamatan Elza Syarief Dirdik dan Penyidik Diperiksa, Agus: Aris Pernah Tak Setuju Naikkan Status Novanto Elza Syarief: Saya Harus Waspada, Kasus E-KTP Banyak Intrik-intriknya Jakarta, (Tagar 4/9/2017) – Transaksi keuangan terkait kasus korupsi pengadaan paket penerapan E-KTP dengan tersangka Setya Novanto (SN) terus didalami KPK.

“Kami lebih jauh menggunakan pendekatan “follow the money” yaitu kami lebih melihat atau mendalami saat ini terkait dengan transaksi keuangan yang diduga terkait dengan kasus E-KTP tentu saja,” kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Senin (4/9).

Menurut Febri, KPK akan menelusuri secara terus menerus ke mana saja aliran dana dari kerugian keuangan negara sekitar Rp 2,3 triliun terkait proyek E-KTP tersebut. “Jadi, selain transaksi keuangan termasuk juga aset menjadi salah satu perhatian dari penyidik KPK,” ucapnya.

Terkait penyidikan kasus E-KTP dengan tersangka Setya Novanto, Febri menyatakan, saat ini penyidik sedang melakukan pemeriksaaan terhadap sejumlah pihak swasta dan beberapa di antaranya merupakan nama baru.

Menurut dia, pemanggilan terhadap saksi-saksi itu tentu akan didalami informasi-informasi terkait dengan proyek E-KTP.

“Ada informasi-informasi pertemuan atau indikasi aliran dana yang perlu kami klarifikasi dan kami konfirmasi lebih lanjut. Sejumlah saksi sudah pernah kami periksa, saya kira sampai hari ini hampir 90 saksi untuk tersangka SN,” terang Febri.

Menurut Febri, KPK mendapatkan banyak informasi baru dari saksi-saksi tersebut dan juga bukti-bukti baru dari sejumlah penggeledahan. (yps/ant) [ YLD ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here