Pembangunan Perlu GBHN

0
31

Memalukan.info – Seluruh Fraksi di MPR RI telah menyetujui pentingnya pemerintah mempunyai Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Hal itu diperlukan salah satunya supaya ada kesinambungan pembangunan. Serta sinkronisasi pembangunan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

“Haluan Negara yang ideal seperti apa, itu yang saat ini  perlu dipikirkan. Apakah sama seperti dulu, atau bagaimana. Juga bentuk hukum yang tepat untuk mewadahi Haluan Negara,” ujar Wakil Ketua MPR RI Letjen TNI (Purn) E.E Mangindaan, saat Workshop Pancasila, Konstitusi, Ketatanegaraan dan GBHN di Surabaya, Jawa Timur.

Menurutnya, terkait payung hukum tentang GBHN, Fraksi di MPR RI berbeda pendapat. Ada yang mengusulkan GBHN masuk dalam ketetapan MPR RI. Kemudian ada yang mengusulkan cukup hanya di Undang-Undang. Serta Fraksi lainnya, tidak mempermasalahkan, apakah melalui Ketetapan MPR ataupun cukup di dalam Undang-Undang.

“Namun pada intinya semua fraksi sepakat perlunya ada Haluan Negara. Tentu bukan kita saja yang setuju pentingnya Haluan Negara, hal itu  perlu juga diketahui khalayak ramai,” jelas Mangindaan.

Karena itu menurut politisi Partai Demokrat tersebut, MPR RI saat ini telah menggelar workshop GBHN ke 30 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Tidak cukup dikalangan akademisi, MPR juga akan menggelar workshop ke  pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Adapun workshop yang pertama, digelar di Surabaya, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.   Dengan tema Reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional  Model GBHN.

“Pertama kami melakukan workshop tentang Haluan Negara, di Jawa Timur karena di sini banyak sekali keberhasilan-keberhasilan. Nanti kami juga akan membahas dengan Pemprov di seluruh Indonesia. Haluan Negara, untuk memberikan kepastian arah pembangunan dan capaian-capaiannya,” jelasnya. (ton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here