Nikmatnya Pisang Epe, Camilan Manis Khas Kota Makasar

0
23

Nikmatnya Pisang Epe, Camilan Manis Khas Kota MakasarNikmatnya Pisang Epe, Camilan Manis Khas Kota Makasar

Memalukan.info – Kota Makassar adalah kota dengan segudang menu kuliner yang khas, camilan khas kota Phinisi ini dapat didapati di seluruh sudut kota Makassar. Sangat banyak berjejeran pedagang kaki lima yang menjual sajian kuliner khas kota Makassar salah satunya adalah Pisang Epe yang mempunyai citarasa khas Makasar. Sebagai salah satu kota paling besar di Indonesia tak heran kalau Makassar punya banyak jenis menu kuliner khas yang enak utk disantap di selama jalan Pantai Losari.

Puluhan pedagang Pisang Epe adalah pemandangan mesti yang tentunya didapati di sekitaran jalan Pantai Losari, mereka mulai buka dagangannya dari mulai jam 6 sore sampai jam 1 dinihari.

Dipilih dari jenis pisang kepok yang berukuran tengah yang langkah membuatnya dengan cara dibakar lalu dijepit dalam bahasa lokal Makassar kata “Epe” mempunyai arti jepit.

“Jadi mengapa dinamakan Pisang Epe lantaran memang prosesnya di press serta telah ada mulai sejak dahulu, turun temurun. Peminatnya sangat banyak tidak hanya dari Makassar, namun juga dari luar kota, ”ujar Daeng Ali penjual Pisang Epe.

Bahan pisang dipilih dari pisang yang setengah tua lalu dibakar setengah masak lebih dahulu, sesudah cukup lembek pisang diletakkan di jepitan yang terbuat dari kayu serta dilapis alumunium untuk lalu ditekan hingga pipih. Sistem pembakaran dibuat dua kali pisang lantas dibakar lagi di bara arang yang panas supaya lebih empuk serta renyah.

Pisang Epe, Citarasa Khas MakassarKelebihan dari Pisang Epe Makassar yaitu bahan pisang kepoknya betul-betul tua serta siraman kuah gula arennya terbuat dari aren asli tidak ada kombinasi pemanis sehingga rasa pisangnya manis serta renyah setelah dibakar.

Rasanya enak lantaran ada kombinasi gula jawa, jadi manisnya khas. Diluar itu janganlah lupa juga apabila bertandang ke Makassar mesti coba minuman Sarabba, jadi ini adalah minuman kombinasi jahe, serta klo kita umum menyebutnya bandrek.

“Rasanya enak. Telah gitu kombinasi susunya juga buat menggoda. Lumayan kerap makan di sini. Serta harganya juga murah kok. ”ujar Vica dan Vera penikmat Pisang Epe.

Ada berbagai jenis varian rasa mulai dari rasa cokelat, keju, original, sampai rasa duren, rasa Pisang Epe sendiri pada renyah serta manis dengan warna pisangnya putih kehitaman lantaran bara arang.

“Rasanya enak, pas di lidah. Telah gitu juga harga nya terjangkau, cocok buat masyarakat ke bawah. ”ujar Zulkifli pencinta Pisang Epe.

Untuk harga satu jumlah Pisang Epe dengan isi tiga pisang biasanya di bandrol pada 6. 000 rupiah sampai 8. 000 rupiah bergantung varian rasa yang dipilih, namun untuk menikmati Pisang Epe ini supaya merasa lezat mesti disantap waktu kondisi pisang masih tetap hangat. (ndi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here