Loading...
Hiburan

Nggak Merasa Sakit Tapi Kok Kecapekan Terus, Kenapa Ya?

Rasanya sudah dapat tidur yang cukup. Makan pun teratur. Aktivitas yang dilakukan juga biasa saja. Tapi kenapa ya kok rasanya tubuh ini capek terus? Ladies, pernahkah kamu mengalami hal tersebut? Nggak merasa sakit tapi rasanya tubuh pegal semua. Hm, kira-kira apa ya penyebabnya?
Dilansir dari time.com, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab tubuh lemas dan letih sepanjang hari. Kegiatan dan kebiasaan sehari-hari pun bisa jadi penyebab tubuh terus-terusan merasa letih, seolah tenaga dan energi terkuras habis. Dan kalau kamu sering merasa letih dan capek setiap saat, penyebabnya mungkin salah satu dari hal ini.
Kurang Minum
Dehidrasi sedikit saja (meski hanya 2 persen dari kebutuhan cairan tubuh) bisa membuat energi rasanya terkuras habis, kata Amy Goodson, RD, ahli gizi untuk Texas Health Ben Hogan Sports Medicine. Dehidrasi bisa membuat volume darah berkurang dan menjadikannya lebih kental. Sehingga jantung bekerja kurang efisien dan terhambat saat mengalirkan oksigen dan nutrisi ke semua otot dan organ tubuh.
Kamu Terlalu Perfeksionis
Irene S. Levine, PhD, profesor psikiatri di New York University School of Medicine menjelaskan bahwa hasrat ingin semua serba sempurna membuat kita bekerja lebih keras dan lama dari yang dibutuhkan. Saat membuat tujuan atau target misalnya, kita membuatnya tidak realistis sehingga susah dicapai, dan akhirnya kita merasa kecewa dan tidak puas. Hal inilah yang kemudian membuat energi rasanya terkuras habis dan tak bertenaga.
Terlalu Sering Makan Junk Food
Makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat sederhana memiliki indeks glisemik tinggi. Artinya saat mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat seperti yang ada di junk food, gula darah bisa melonjak tajam kemudian turun cepat yang bisa menyebabkan tubuh terasa letih luar biasa.
Meja atau Ruang Kerjamu Sangat Berantakan
Meja kerja yang berantakan bisa membuat kemampuan konsentrasi dan fokus kita terganggu. Karena otak harus bekerja lebih cepat dari biasa untuk memproses informasi. Penting juga untuk membedakan mana pekerjaan dan mana urusan pribadi. Agar kamu tak terlalu cepat lelah berpikir dan menyelesaikan semua satu per satu.
Kamu Bekerja Saat Liburan
Multitasking atau menyelesaikan banyak hal bersamaan sangat kurang disarankan. Apalagi jika kamu masih saja bekerja di saat kamu harusnya menikmati liburanmu. Penting untuk membedakan dan benar-benar mengurai setiap prioritas yang ada. Agar kamu tak kelabakan atau kehilangan fokus.
Kecanduan Kopi
Mengawali hari dengan minum secangkir kopi memang sah-sah saja. Bahkan ada penelitian yang membuktikan minum kopi tiga cangkir sehari baik untuk tubuh. Hanya saja kalau kecanduan dan terlalu bergantung pada kopi, siklus tidur-jaga (sleep-wake cycle) kita bisa terganggu, kata Dr. Towfigh. Kafein bisa menghambat adenosin (bahan penenang alami yang memberitahu sel-sel badan untuk mengendurkan aktivitas). Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Sleep Medicine menyebutkan bahwa bahkan mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur bisa tetap mempengaruhi kualitas tidur kita. Sesekali minum kopi memang tak apa, asal jangan sampai ketergantungan, ya Ladies.
Selain faktor penyebab di atas, berbagai hal lain yang bisa jadi penyebab tubuh sering merasa kecapekan setiap saat, antara lain karena stres, tubuh kekurangan zat besi, kebanyakan begadang, dan perasaan yang sering cemas atau was-was. Intinya kalau kamu mulai merasa tubuh rasanya tidak seperti biasanya, capek setiap saat dan letih setiap hari, baiknya segera berkonsultasilh ke dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya.
Sumber : vemale.com

About the author

Nina Marliana

Leave a Comment