Mesir Melarang Perempuan Memakai Cadar

0
28

Mesir Melarang Perempuan Memakai CadarMesir Melarang Perempuan Memakai Cadar

Memalukan.info – Sejumlah anggota parlemen Mesir mengumumkan kalau mereka tengah serius menggodok sebuah RUU. Salah satu isi RUU itu melarang perempuan mengenakan niqab atau cadar di lembaga-lembaga negara.

Anggota parlemen menegaskan kalau pelarangan itu dilakukan untuk alasan keamanan dan sebagai langkah preventif untuk menghadapi terorisme dan ekstremisme. Sebelumnya, Dewan Komisaris Negara telah merekomendasikan Administrasi Mahkamah Agung supaya segera mengeluarkan keputusan akhir dalam mendukung pelarangan staf akademik dari mengenakan niqab di seluruhnya PTN Kairo.

Jumlah perempuan yang kenakan jilbab serta cadar penuh di Mesir udah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun paling akhir, terlebih dengan timbulnya gerakan-gerakan Islam politik.

Diberitakan dari Viva, diawalnya, keputusan resmi dikeluarkan oleh Universitas Al Azhar, Mesir, untuk melarang niqab di dalam ruang kelas, satu langkah yang di dukung oleh Administrasi Mahkamah Agung. Pada 2009, Universitas Al-Azhar Mesir melarang pemakaian niqab sepanjang ujian.

Namun, keputusan itu saat ini tak berlaku lagi. Universitas Kairo dalam dua tahun paling akhir udah memberikannya sejumlah pembatasan kenakan niqab, salah satunya adalah melarang wanita kenakan cadar muka penuh dalam rumah sakit afiliasinya.

Pengamat menginginkan kalau anggota parlemen dari gerakan Islam politik serta partai Nour bakal begitu keberatan dengan RUU itu. Namun, sumber parlemen menuturkan, ” Memanfaatkan cadar adalah ancaman untuk keamanan negara serta kebebasan pribadi. Wanita kenakan niqab bisa untuk menyembunyikan muka mereka serta bikin lembaga-lembaga negara anti-terorisme tidak mungkin mengungkap identitas mereka”.

Sumber itu juga beri tambahan, “Beberapa kejahatan serta teror bom ditunaikan oleh lelaki yang mengenakan pakaian ini. Mereka bisa bersembunyi dibalik niqab untuk melarikan diri dari beberapa langkah keamanan. ”

Niqab, yang umum dipakai di Mesir, terdiri atas kain yang tertutup mencakup kepala seorang wanita serta wajahnya. Cuma mata saja yang terlihat. (ndi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here