Menyiasati kamar tidur sempit

0
32

Walau kamar tidur cenderung sempit, kita dapat coba trik untuk membuatnya nyaman dan memenuhi kebutuhan. Walau kamar tidur cenderung sempit, kita dapat coba trik untuk membuatnya nyaman dan memenuhi kebutuhan. © All About Space /Shutterstock

Kecintaan kita pada kamar tidur membuatnya jadi spesial. Walau kamar tidur tak luas, cenderung sempit, kita dapat mempraktikkan beberapa trik untuk membuatnya nyaman.

Lebih dari itu, kamar tidur juga seharusnya mengakomodasi kebutuhan sang pemilik dengan baik. Untuk itu, meluangkan waktu mendandani kamar tidur tak akan sia-sia.

Majalah Asri menyarankan Anda mempertimbangkan dengan baik furnitur yang dibutuhkan di kamar. Lemari pakaian, meja, kursi, masing-masing cukup satu di dalam kamar.

Pemilihan model furnitur juga perlu diperhatikan. Rak floating atau dikenal dengan sebutan ambalan, bisa jadi pilihan tepat. Modelnya yang tak menyentuh lantai, menambah kesan luas pada ruangan.

Tak perlu seluruh furnitur bergaya floating. Tempat tidur dan lemari pakaian misalnya, tak apa menyentuh lantai.

Anda bisa membuat meja atau rak sudut serbaguna berbentuk huruf L di pojok kamar. Gunakan penyangga rak dengan model sesuai selera.

Jika tak tersedia cukup ruang untuk meja di sisi tempat tidur –biasa disebut nakas– Anda bisa memanfaatkan area vertikal. Misal dengan menggantung rak di dinding untuk menyimpan buku dan lain sebagainya.

Pilih rak memanjang dari ujung ke ujung dinding kamar, jadi Anda punya ruang penyimpanan ekstra. Untuk pintu lemari atau rak lain, pilihlah pintu geser untuk menghemat tempat.

Area yang biasanya tak terpakai, seperti bawah tempat tidur juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Apalagi jika Anda bisa mengubahsuaikan furnitur, tak hanya menjadi fungsional tapi juga lebih menarik.

Selain itu, penggunaan cermin dalam kamar tidur sempit juga disarankan. Penempatan secara horizontal memberi kesan luas dan lebar. Penempatan secara vertikal mengesankan ruangan lebih tinggi.

“Hindari peletakkan yang memantulkan sudut kurang menarik dalam rumah. Misalnya, jika memantulkannya pada kamar mandi. Itu kurang tepat,” kata pendiri, direktur dan arsitek PT JOSO, Fathony Muchtar Harris, dikutip Tempo.

Penggunaan warna-warna netral seperti krem dan putih sangat disarankan. Warna-warna tersebut membuat kamar tampak lebih luas.

Tak hanya itu, warna pastel seperti biru muda, hijau pupus, merah muda, atau ungu muda bisa jadi pilihan. Warna abu-abu muda untuk kesan netral juga bisa menjadi pilihan.

Sebaiknya Anda menghindari komposisi warna yang terlalu kontras antara dinding dan lantai. Juga tidak memilih wallpaper bermotif ramai.

Usahakan isi kamar bernuansa warna senada. Mulai dari furnitur, aksesori, hingga warna dinding dan lantai. Semakin simpel, semakin baik karena menimbulkan kesan luas dan kalem.

Luas kamar yang tak seberapa membuat kita sebaiknya menyortir barang yang benar-benar diperlukan di dalam kamar. Baik itu dipajang, atau disimpan dalam lemari.

Peralatan elektronik, salah satunya, juga dapat menambah kesan ruangan penuh. Pastikan Anda hanya memasukkan peralatan elektronik yang benar-benar penting ke dalam kamar.

Televisi sebenarnya tidak disarankan, terutama untuk anak-anak. Seumpama Anda ingin menaruh pemutar musik di kamar, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari yang mudah diakses agar penampilan kamar tetap rapi dan terkesan bersih.