Mengenal fungsi silica gel

0
56

Silica gel

Silica gel © jakkrit pimpru /Shutterstock

Saat membeli sepatu, tas, atau vitamin dalam botol, pihak produsen biasanya menyelipkan sebungkus gel silika (silica gel) di dalam kardus barang yang Anda beli. Meski banyak manfaat, tak banyak orang tahu apa itu gel silika dan apa kegunaannya.


Gel silika adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Meski namanya gel, bila disentuh, butiran tersebut sebenarnya padat.


Gel silika dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering, dan dapat mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebih. Oleh karena itu, gel silika sering digunakan dalam setiap pengiriman barang-barang yang disimpan dalam kotak.


Selain tas dan sepatu, gel silika aman digunakan untuk ditaruh di dalam kotak berisi obat-obatan, bahan sensitif, elektronik, bahkan makanan.


Fungsi gel silika ternyata lebih dari itu. Berikut beberapa kegunaan lain dari butiran bening ini:


1. Menyelamatkan ponsel yang terkena air. Bila beras lebih populer untuk menolong ponsel yang basah, saatnya Anda mencoba gel silika. Caranya isi mangkuk dengan gel silika dan rendam ponsel dalam kondisi mati selama 72 jam. Cara ini 10 kali lebih efektif daripada beras.


2. Merawat foto. Taruh gel silika dalam album foto lama untuk menyelamatkan kenangan Anda dari kelembapan yang bisa merusak foto. Dengan menggunakan gel silika, foto yang telah dicetak akan lebih tahan lama.


3. Melindungi kosmetik. Simpan dua kantung gel silika di dalam tas kosmetik untuk menjaga agar kosmetik bertekstur bubuk tidak menggumpal.


4. Menghilangkan bau dari handuk. Simpan beberapa kantung gel silika di antara handuk mandi untuk mencegah kelembapan dan bau. Gel juga dapat ditaruh di dalam sepatu olahraga.


5. Menjaga kaca depan mobil tetap jelas. Taruh beberapa kantung gel silika di dashboard mobil untuk menjaga kelembapan yang menyebabkan kondensasi di bagian dalam kaca depan.


6. Menjaga perhiasan bersih dan mengilap. Kelembapan pada perhiasan bisa merusak dan mengubah warna aslinya. Taruh beberapa kantung gel silika dalam tempat penyimpanan perhiasan agar senantiasa berkilau.


7. Memperpanjang umur pisau cukur. Setelah digunakan untuk bercukur, pisau cukur akan lebih cepat berkarat. Bila Anda ingin pisau cukur bertahan lebih lama, bisa menyimpan pisau dalam wadah tertutup yang sudah diisi gel silika.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here