Meditasi untuk orang sibuk

0
49

Meditas untuk orang sibuk

Meditas untuk orang sibuk © vfedorchenko /Shutterstock

Anda jangan melihat meditasi sebagai kegiatan yang harus dilakukan dengan duduk, mata tertutup dalam keheningan selama satu jam. Kini, dengan kehidupan orang-orang yang semakin sibuk, meditasi bisa dilakukan dengan cara tak biasa.


Beberapa alasan kenapa meditasi harus dilakukan setiap hari adalah agar Anda menjadi lebih fokus, mengurangi stres, mendapatkan kontrol besar untuk mengendalikan emosi, dapat membuat keputusan hidup yang lebih baik, membantu diri sendiri untuk belajar kemampuan baru yang bermanfaat, dan lebih sejahtera.


Jika meditasi memberikan beragam keuntungan bagi diri sendiri, kenapa banyak orang tidak melakukan kegiatan ini? Jawaban paling umum adalah: waktu.


Padahal meditasi tidak harus dilakukan dalam waktu lama untuk berhasil. Di kantor, Anda bahkan bisa melakukan meditasi selama 10 menit sebelum mulai bekerja. Studi yang dilakukan oleh Biro Konvensi Kyoto, menunjukkan bahwa meditasi 10 menit sebelum rapat kerja dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan untuk menyerap informasi baru.


Saat waktunya makan siang, Anda juga bisa curi-curi waktu untuk meditasi. Cobalah matikan gawai dan duduk dengan pemandangan yang layak, lalu makan seperti biasa. Sementara pikiran Anda mengembara, tetaplah fokus pada rasa makanan dan pemandangan di sekitar.


Meditasi tak harus selalu diam. Anda bahkan bisa bermeditasi dengan tertawa. Tertawa dapat mengurangi stres. Kunci dari meditasi ini adalah tidak menahan tawa, biarkan diri Anda tertawa sepuasnya tanpa rasa bersalah. Untuk bisa tertawa puas, ingat-ingat kejadian lucu yang pernah dialami atau bisa menonton video lucu.


Dalam perjalanan sekali pun, meditasi bisa dilakukan. The Driving Meditation adalah cara meditasi yang bisa dilakukan dengan cara fokus pada satu hal, misalnya mencengkeram kemudi, mobil di depan, atau suara.


Meditasi sambil mengemudi tentu perlu dilakukan sambil memejamkan mata. Namun, meditasi sejenak di perjalanan akan lebih baik daripada pikiran Anda fokus pada rasa khawatir, memainkan gawai, atau mengungkapkan kekesalan pada pengendara lain.


Musik juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu meditasi. Mendengarkan musik dapat memberi efek menenangkan. Meditasi ini cocok dilakukan pada lingkungan kurang nyaman di kantor atau di rumah yang berisik.


Terakhir, ada The Traveller’s Meditation, yaitu meditasi yang dilakukan di alam. Tak perlu benar-benar pergi ke gunung atau pantai yang jauh. Anda bahkan bisa memanfaatkan keheningan di teras depan rumah, mengambil rute baru dari rumah ke kantor, atau jalan-jalan ke toko baru.


Mindybodygreen menulis kiat untuk meditasi bagi orang sibuk, seperti rutin dilakukan setiap pagi, pasang alarm berapa alam Anda akan meditasi agar tak terpikir soal waktu, setel juga alarm untuk memulai meditasi setiap harinya agar tidak lupa, dan bersabarlah selama meditasi.


Meditasi bisa jadi latihan yang sulit, tapi ini bisa jadi cara menemukan diri sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here