Manfaatkan uang koin untuk 5 hal ini

0
44

Uang koin bisa digunakan untuk beberapa hal berikut.

Uang koin bisa digunakan untuk beberapa hal berikut. © Marian Weyo /Shutterstock

Setiap kali belanja di pasar swalayan, biasanya kita sering mendapat uang kembalian berupa uang koin. Akhirnya, seringkali uang koin ini bertebaran dalam tas, kantong celana, atau mobil.


Anda mungkin menganggap, “Ah, cuma uang receh.” Padahal kalau dikumpulkan dan dihitung, jumlahnya bisa luar biasa.


Selain untuk memberi pengamen atau polisi cepek, mulai sekarang kumpulkan uang koin Anda untuk hal yang lebih bermanfaat berikut ini.


1. Siapkan untuk uang kembalian


Pasti Anda sering mengalami situasi dimana pedagang/toko yang tidak punya uang receh untuk kembalian. Akhirnya Anda pun mengikhlaskannya. Nilainya mungkin cuma Rp100 atau Rp200 perak, tapi kalau dalam sehari ada 50 pembeli yang bernasib sama seperti Anda, berapa banyak keuntungan si pedagang?


Bukannya pelit, tapi kita harus menghargai keberadaan uang meski nilainya kecil. Di luar negeri seperti di Singapura, uang sebesar 5 sen saja pasti dikembalikan. Oleh karena itu, selalu siapkan dompet koin yang diisi uang receh untuk berjaga-jaga saat Anda belanja.


Jika si kasir berkata, “Tidak ada uang kembalian,” Anda bisa menjawab, “Saya punya, kok.”


2. Masukkan dalam celengan


Masih ingat, kan, bagaimana dulu pesan orang tua untuk selalu menabung? Mengumpulkan uang receh dalam celengan itu ternyata sangat menyenangkan, lho, apalagi saat memecahkannya. Jika ingin lebih bersemangat lagi, kumpulkan uang receh dalam stoples kaca sehingga Anda bisa melihat peningkatannya.


3. Untuk membayar tol dan parkir


Biasanya setiap bulan saya selalu merapikan uang receh yang terkumpul. Uang yang sama lalu disatukan, misalnya uang Rp100 disusun 10 buah menjadi Rp1000, lalu diisolasi. Uang ini lalu saya simpan dalam sebuah wadah di mobil untuk digunakan membayar parkir atau tol.


Satukan dan isolasi seperti ini agar tidak perlu dihitung lagi.


4. Ditukar di pasar swalayan


Saya juga sering menukar uang receh di pasar swalayan Biasanya mereka akan dengan senang hati menerimanya karena membutuhkan banyak uang kecil sebagai kembalian. Cara ini cukup efektif untuk menambah uang saat tanggal tua.


5. Galang untuk sumbangan


Anda juga bisa mengumpulkan uang koin bersama teman-teman di kantor. Uang yang terkumpul lalu bisa disumbangkan kepada orang yang membutuhkan, misalnya saat ada bencana alam. Caranya, siapkan kaleng kosong, lalu taruh di salah satu sudut kantor yang mudah dijangkau orang untuk memasukkan uang koin di dalamnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here