JENIS PUISI YANG DISUKAI ANAK JAMAN SEKARANG

0
248

Jenis Puisi Yang Disukai Anak Jaman Sekarang – Puisi merupakan salah satu karya seni sastra yang sangat dikenal hingga saat ini. Secara pengertiannya, puisi adalah ragam sastra yang bahasanya tidak terikat oleh irama, mantra, rima, serta penyusunan larik dan bait sajak. Puisi sendiri biasanya berfungsi sebagai pengungkap perasaan dari penyair yang membuatnya. Puisi juga terkadang menggunakan berbagai kata kiasan yang memiliki makna yang dalam. Dulu, puisi diciptakan dengan sebuah keteraturan, namun kini puisi diciptakan lebih bebas dan mengalami kemajuan secara teknis.


Puisi sendiri kini tak hanya digemari oleh orang-orang lama atau seangkatan dengan nenek atau orang tua kita. Namun anak muda sekarang juga masih menggemari karya sastra indah yang satu ini. Berikut ini kami akan mengulas mengenai Jenis Puisi Yang Disukai Anak Jaman Sekarang. Apa saja kira-kira? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


1. Pantun


Jenis Puisi Yang Disukai Anak Jaman Sekarang yang pertama adalah pantun. Siapa yang tidak mengenal pantun. Pantun merupakan bentuk puisi lama yang memiliki saja a-b-a-b, setiap barisnya berisi 8-12 suku kata. Dua baris awal pada pantun adalah sampiran (pengantar), sedangkan dua baris berikutnya disebut dengan isi. Setiap bait dalam pantun berisi dengan empat baris. Hngga kini seni berpantun masih sangat diminati di berbagai kalangan, baik anak-anak, muda, hingga usia tua.


2. Balada


Jenis Puisi Yang Disukai Anak Jaman Sekarang yang kedua adalah Balada. Kini balada banyak diminati para pecinta puisi terutama dari kaum anak muda. Balada sendiri meruapakan puisi baru yang menggambarkan cerita, terdiri dari 3 bait dengan masing-masing 8 larik. Balada juga memiliki rima a-b-a-b-b-c-c-b kemudian  beralih rima menjadi a-b-a-b-b-c-b-c.


3. Romansa


Romansa adalah salah satu Jenis Puisi Yang Disukai Anak Jaman Sekarang. Romansa ini merupakan jenis puisi baru yang dikarang oleh penyair dan berisikan kisah cinta atau perasaan penyair tentang cinta. Seperti yang kita ketahui bahwa anak muda tentu sangat erat kaitannya dengan dunia percintaan. Maka tak heran jika mereka menyukai puisi yang bernuansa asmara.


Contoh puisi romansa :


Dimana Aku Kau Sembunyikan ?

Ketika malam aku harus terjaga Mencari bayangmu di setiap dinding dinding malam
Mencari seulas senyummu di setiap sudut mataku Dan berakhir menuai ladang kepedihan
Ketika malam terus berlalu Masih aku merasakan begitu dekat dengan  mimpi
Hingga bintang bintang bertanya dimana aku kau sembunyikan ?
Karya : Roman Rantingbulan

4. Satire


Jenis Puisi Yang Disukai Anak Jaman Sekarang yang berikutnya adalah Satire. Satire sendiri adalah jenis puisi baru yang berisi kritikan. Biasanya puisi ini digunakan oleh orang yang gemar menyampaikan pendapatnya melalui rangkaian kata yang indah dan bermakna. Apalagi mengingat zaman sekarang orang-orang bebas menyampaikan pendapatnya selagi tidak melanggar aturan dan tidak merugikan orang lain.


5. Himne


Jenis Puisi Yang Disukai Anak Jaman Sekarang yang terakhir adalah Himne. Himne merupakan jenis puisi baru yang digunakan penyair untuk memuji Tuhan, pahlawan atau Tanah Air. Puisi ini biasanya disukai oleh mereka yang memiliki kecintaan yang mendalam terhadap seni karya sastra, kecintaan terhadap Tuhan dan juga negara. Mereka menuangkan kecintaan tersebut dalam bentuk kata dan kalimat bermakna yang sangat indah.


Demikianlah ulasan kami mengenai Jenis Puisi Yang Disukai Anak Jaman Sekarang. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diulasan kami yang selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here