Indera Penciuman Buruk Berdampak pada Kehidupan Sosial Seseorang

0
45

Indera Penciuman Buruk Berdampak pada Kehidupan Sosial SeseorangIndera Penciuman Buruk Berdampak pada Kehidupan Sosial Seseorang

Memalukan.info – Miliki indera penciuman yang buruk ternyata bisa beresiko pada kehidupan sosial seorang wanita. Sebuah penelitian menyebutkan kalau wanita usia lanjut yang miliki daya penciuman kurang, teridentifikasi punya kehidupan sosial yang kurang.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Scientific Reports ini melibatkan responden wanita lanjut usia yang diminta jalankan tes penciuman pada beberapa jenis aroma.

Kepala peneliti Johan Lundstorm, Ph. D., dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia menyebutkan seiring dengan bertambahnya umur, indera penciuman manusia bakal menurun daya sensitifnya.

National Institutes of Health (NIH), mengatakan kalau hampir seperempat wanita dan sekitar 11 % pria pada umur 60 dan 69 dilaporkan memiliki masalah dengan penciuman mereka, seperti dilansir dari Viva.

Studi itu juga mengaitkan antara kurangnya daya penciuman dengan munculnya penyakit neuro degeneratif termasuk Alzheimer dan Parkinson.

Berdasarkan studi itu, Lundstrom serta tim peneliti menyimpulkan kalau kehilangan daya penciuman bakal berpengaruh pada perilaku sosial seseorang.

” Ada satu anekdot yang mengatakan bahwa jika Anda kehilangan indera penciuman, Anda akan kehilangan teman-teman Anda, ” katanya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here