Hidup Manusia Dikendalikan Oleh Tiga N!

0
40

Manusia

1. N yang pertama adalah NALURI. Dalam hal naluri manusia dan hewan sama, mempunyai naluri makan, seks, rasa aman, melihat dan mendengar yang indah dan bagus. Apa yang membedakan dengan hewan adalah N yang kedua yaitu:

2. NALAR. Berkat nalar, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Dari dulu hewan membuat sarang dengan cara yang sama, tetapi manusia yang dulu hidup nomaden sekarang bisa membuat gedung pencakar langit. Tetapi selain menguntungkan nalar juga bisa berbahaya. Sebuas-buasnya harimau yang menerkam kambing karena naluri sudah merasa cukup bila kenyang. Lain halnya dengan teroris yang mempunyai naluri balas dendam lalu dengan nalarnya bisa memasang bom untuk membunuh banyak orang. Untuk bisa mengendalikan naluri dan nalar manusia membutuhkan N yang ketiga yaitu:

3. NURANI. Inilah kunci untuk mengendalikan nalar dan nurani. Dengan nurani kita bisa membedakan benar atau salah, baik atau buruk, adil atau tidak adil, jujur atau tidak jujur, manusiawi atau tidak manusiawi. Tetapi nurani pun perlu membutuhkan kekuatan untuk kita bisa hidup utuh. Lalu apa yang diperlukan untuk menjaga dan memperkuat nurani? Hanya yang hidup akrab dengan Tuhan dan dengan makanan yang diberikannya dari Firman Allah yang bisa menjaga hati nurani. Hiduplah selalu dengan menyuplai  “3N” secara seimbang agar kita bisa hidup seutuhnya. Aamiin.