Dua Auditor BPK Terlibat Pencucian Uang, KPK Lakukan Ini

0
27

KPK Tetapkan Auditor Tersangka KPK TETAPKAN AUDITOR TERSANGKA: Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah memberikan keterangan pers terkait penetapan tersangka di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/9). Penyidik KPK menetapkan dua auditor BPK sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang, yaitu Auditor Utama Keuangan Negara III Rochmadi Saptogiri, dan Kepala Sub Auditorat III Auditoriat Keuangan Negara BPK Ali Sadli. (Foto: Ant/Makna Zaezar). ARTIKEL TERKAIT Geruduk Sumut, KPK Amankan Bupati Batubara Geruduk Sumut, KPK Sebut OTT Terkait ‘Fee’ Proyek KPK Geruduk Medan, Tujuh Orang Diamankan Siap Disidang, Tiga Pimpinan DPRD Mojokerto Dilimpahkan ke Surabaya KPK Geruduk Medan, Info Bupati Batubara Kena OTT Belum Terkonfirmasi Jakarta, (Tagar 14/9/2017) – KPK melakukan konfirmasi terhadap sejumlah aset yang diduga dimiliki oleh dua auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Sebelumnya KPK telah menetapkan Auditor Utama Keuangan Negara III BPK RI Rochmadi Saptogiri (RSG) dan Kepala Sub Auditorat III B pada Auditorat Utama Keuangan Negara III BPK RI Ali Sadli (ALS) sebagai tersangka TPPU.

“Hari ini dilakukan pemeriksaan dan pendalaman informasi terkait dengan kasus yang diduga melibatkan dua auditor BPK terkait indikasi TPPU,” kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/9).

KPK pada Rabu memeriksa tersangka RSG dan ALS. Selain memeriksa dua tersangka ini, KPK juga memeriksa tiga saksi dari pihak swasta untuk kedua tersangka dalam kasus tersebut.

Dua saksi yang diperiksa untuk tersangka Rochmadi Saptogiri, yakni Galuh Prariningrum dan Januar Mangitu. Sedangkan satu saksi untuk tersangka Ali Sadli, yakni Adhi Masya.

“Kami memeriksa para tersangka dan saksi untuk mendalami lebih lanjut indikasi penerimaan-penerimaan dan juga mengkonfirmasi sejumlah aset yang diduga dimiliki oleh para tersangka tersebut,” kata Febri.

Sebelumnya, KPK juga telah menyita empat unit mobil terkait TPPU dua auditor BPK itu.

Tersangka RSG dan ALS diduga telah perbuatan menempatkan mentransferkan, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain terhadap harta kekayaan yang diketahui atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana korupsi. (yps/ant) [ YLD ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here