Dituduh Eksploitasi Orang Utan, Luna Maya Angkat Bicara

0
6

Luna Maya-Orang Utan

Luna Maya dibanjiri kritik setelah ia menjadi model untuk cover di majalah Her World Brides Indonesia edisi September 2017. Yang menjadi masalah adalah Luna Maya dituding telang mengeksploitasi hewan gara – gara melakukan pemotretan bersama Orang Utan. Luna Maya yang merasa tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukannya pun angkat bicara.

Luna Maya tak mau tinggal diam dituduh sebagai artis yang suka mengeksploitasi binatang untuk kepentingan bisnis. Menurut Luna, sebelumnya ia memang tidak tahu konsep pemotretan saat itu adalah bersama Orang Utan. Yang ia tahu jika tempat pemotretan adalah di Bali Zoo. Tetapi Luna diberi tahu jika pihak majalah telah mengantongi ijin dari Bali Zoo untuk pemotretan tersebut.

“Dalam pikiran aku, waktu sampai di lokasi syuting, aku enggak tahu konsepnya akan foto dengan orang utan. Aku tahunya kami foto di Bali Zoo. Jadi aku pikir ‘oh ya sudah, kalau ada kerja sama’, artinya sudah terjaalin komunikasi yang baik antara mereka. Karena aku profesional aja. Sebagai model, konsepnya begini, ya aku nurut. Aku enggak bisa ngatur aku enggak mau atau gimana,” ungkap Luna Maya, dikutip Kumparan (7/10).

Luna juga bercerita saat berpose bersama Orang Utan yang bernama Dara, dirinya hanya diam dan membiarkan Dara bergerak – gerak di sekelilingnya. Tetapi di sana ada petugas dari Bali Zoo yang turut mengawasi. Jadi tidak ada kata eksploitasi sedikitpun.

“Aku diem aja karena aku posenya diem aja. Si Dara yang di samping situ, gini-gini (gerak). Lima atau tujuh jepretan sudah, karena kami memang enggak boleh lama-lama. Itu ada pengawasan ketat dari Bali Zoo, makanya aku pikir ini melalui proses yang benar. Ini enggak ada dalam pikiran kami bakal seheboh itu. Aku pribadi lumayan shock,” sesal Luna.

Sampul majalah Her World Brides Indonesia ini pertama diprotes oleh Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation yang menyatakan kekecewaannya karena memperlakukan Orang Utan yang merupakan hewan yang dilindungi seperti hewan peliharaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here