Debat Kandidat, Pendukung Paslon Dibatasi

0
23

Memalukan.info – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mulai menggelar sejumlah persiapan terkait acara debat kandidat Pilgub DKI Jakarta pada 12 April 2017.

Lembaga penyelenggara pemilu itu, Minggu (9/4), menggelar rapat membahas hal tersebut. Termasuk sejumlah persiapan lainnya untuk pemungutan suara.

“Persiapan untuk debat kandidat sudah tidak ada masalah. Pendukung, masing-masing calon dibatasi sebanyak 120 orang,” ujar Ketua Pokja Sosialisasi KPU DKI Jakarta Betty Epsilon.

Sebelumnya, jumlah pendukung tiap-tiap pasangan calon dibatasi 75 orang. Namun saat rapat dengan tim paslon mereka minta supaya peserta ditambah.

“Hingga disepakati masing-masing paslon sebanyak 120 orang.  Setiap pendukung wajib mematuhi tata tertib debat kandidat,” jelas Betty.

Dalam debat kandidat berdurasi 120 menit itu, rencananya elemen masyarakat dilibatkan sebagai panelis independen. Serta  diberi kesempatan bertanya kepada paslon.

Mereka adalah komunitas pedagang kecil, pengusaha UMKM, kemudian dari komunitas penghuni rumah susun dan komunitas nelayan.

Adapun tema debat yakni ‘Dari Masyarakat Untuk Jakarta. Dengan sub tema di antaranya, terkait kesenjangan sosial dan penegakan hukum.

Sebelumnya, para relawan pendukung masing-masing calon mengaku sudah tidak sabar menyaksikan debat kandidat.

“Nanti hanya ada dua pasang cagub dan cawagub dalam debat nanti. Itu nanti warga Jakarta dapat melihat dengan lebuh jelas siapa kandidat yang benar-benar layak memimpin Jakarta. Sebelumnya debat pertama ada tiga pasang cagub-cawagub,” ujar Ketua Barisan Pemuda Pelopor Chalid Mahdi yang juga pendukung paslon nomor urut 3.

Menurut dia, debat merupakan sarana yang ideal untuk menyampaikan visi misi. Serta salah satu cara untuk mengukur kualitas paslon.

Adapun Ketua Komunitas Orang Pinggiran, Dani Syahbandar yang mendukung paslon nomor urut 2 mengatakan, pihaknya mengapresiasi  kegiatan debat cagub cawagub yang akan dilakukan KPU DKI Jakarta.

“Sehingga masyarakat dapat melihat dan menilai program-progam calon pemimpinnya. Dalam debat yang menampilkan dua pasangan cagub dan cawagub, nanti akan terlihat jelas program siapa yang paling rasional,” pungkas dia. (hat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here