Loading...
Hiburan

Cara Membedakan iPhone Refurbished, Rekondisi, dan Replika

Bagi sebagian orang, barang-barang milik perusahaan asal Amerika, yakni Apple memang sering dianggap sebuah barang yang terkesan eksklusif. Selain karena desainnya yang elegan, harga yang ditawarkan oleh Apple pun bisa dibilang luar biasa mahalnya.
Namun, beberapa orang memang sangat menginginkan barang-brang milik Apple ini, contohnya saja iPhone. Mereka bahkan rela untuk membeli sebuah iPhone bekas untuk dipakai sehari-hari, agar terlihat seperti orang kelas atas.
Namun, Anda harus berhati-hati jika ingin membeli ponsel iPhone bekas, atau membeli iPhone baru dengan harga yang murah. Hal ini dikarenakan banyak beredar iPhone refurbish, rekondisi, dan replika di pasaran.
Nah, pada bahasan sebelumnya, tim Money.id sudah membahas perbedaan iPhone Refurbish, Rekondisi, dan Replika. Nah untuk kali ini, kami akan membahas cara membedakan iPhone refurbish, iPhone rekondisi, dan iPhone replika.
Jika penasaran, silakan Anda baca pembahasannya di laman selanjutnya.
Pertama-tama, jika ingin membeli iPhone refurbish, Anda harus melihat dari sisi luar boks. Di bagian depan, biasanya akan tertulis ‘Apple Certified Pre-Owned’ di bagian depan boks dari sebuah iPhone.
Jika membeli iPhone bekas dengan tulisan ini di depan, maka Anda tidak perlu lagi meragukan apa yang ada di dalamnya. Karena iPhone yang ada di dalam bungkus ini telah dijamin keasliannya oleh pihak Apple.
“Jika Anda membeli iPhone dengan tulisan ‘Apple Certified Pre-Owned’, artinya ponsel yang Anda beli asli,” sebut salah satu penjual iPhone di kawasan Jakarta, dengan inisial R.Kalau Anda menemukan sebuah toko ponsel yang menjual iPhone baru dengan harga tiga per empat aslinya, mungkin Anda harus bertanya kepada sang penjual. Karena, biasanya iPhone dengan kisaran harga ini adalah sebuah iPhone rekondisi lokal.
Memang agak sulit untuk membedakan bungkus sebuah iPhone rekondisi dengan iPhone asli – kecuali Anda pernah membeli sebuah iPhone asli — karena biasanya para pedagang ini memiliki sebuah kardus replika asli tetapi palsu yang sangat mirip dengan yang barunya.
“Pokoknya jika Anda menemukan iPhone dengan harga tiga per empat dari harga aslinya, Anda harus bertanya pada sang penjual. Takut dibohongi oleh penjualnya,” ucap R. “Sudah gitu, boks-nya juga mereka punya sedemikian miripnya dengan yang asli, dan dibungkus serapi mungkin biar mirip dengan yang asli ika anda menemukan sebuah iPhone dengan harga murah, mungkin dikisaran Rp1 hingga Rp2 juta untuk sbuah iPhone baru, maka anda harus curiga. Hal ini disebabkan iPhone yang dibanderoll dengan harga ini memang hampir buisa dipastikan adalah sebuah iPhone replika.
“Pokoknya kalau sampai nemu [iPhone] di harga Rp1 hingga Rp2 juta, hampir bisa dipastikan Repika,” tegas R.
Jika anda sudah terlanjur membeli karena harganya yang murah, maka hal yang pertama kali anda harus lakukan adalah mengecek bagian fisik dari iPhone yang Anda beli. Jika warna iPhone anda berwarna lebih kusam, maka anda bisa dipastikan mendapat barang Replika.
“Kalau sudah terlanjur beli, ya coba di cek saja. Kalau warna iPhonenya buram, Replika itu,” ungkap R.
Nah, jika ternyata iPhone anda tidak terlihat berwarna kusam, maka hal selanjutnya yang anda harus lakukan adalah mengecek perangkat lunak perangkat tersebut.
“Coba lihat saja. Kalau App Store nya ternyata pakai Google Play Store, itu namanya replika,” tutup R.Nah, jika anda sudah membaca ketiga perbedaan apa saja yang ada di beberapa halaman sebelumnya, pastinya anda sudah memiliki bayangan tentang cara mengidentifikasi mana yang iPhone Refurbish, Rekondisi, dan Replika bukan? Jika Anda masih kurang jelas, berikut tips membedakan ketiga jenis iPhone tersebut.
Pertama-tama, anda bisa melihatnya dari kemasan luar. jika kemasan luar sebuah iPhone memiliki box berwrna putih dengan tulisan ‘Apple Certified Pre-Owned’diatas box tersebut, maka iPhone tersebut adalah sebuah iPhone Refurbish.
Namun, untuk memebedakan antara sebuah iPhone Refurbish atau iPhone Replika susah jika dilihat hanya dari box luarnya saja.
“Yang paling susah itu membedakan mana iPhone Rekondisi atau mana iPhone Replika. Soalnya dua-duanya dibuat semirip mungkin dengan salinya,” jelas R. “Cara yang paling ampuh ya menghindari membeli iphone dengan harga murah, apa lagi yang hanya dikisaran Rp1 hingga 2 juta. sudah pasti Replika.”
Selain dari sisi harga, R juga menyebutkan cara mendeteksi yang kedua adalah dengan melihat isi dari box tersebut. Jika saat Anda mengecek bagian fisik dari iPhone yang Anda beli berwarna lebih kusam, maka Anda bisa dipastikan mendapat barang Replika.
“Lain lagi kalau membedakan iPhone Rekondisi. Lebih susah membedakannya secara fisik,” tutup R.
Nah, sudah jelas bukan bagai mana cara membedakan mana yang iPhone Refurbish, Rekondisi, atau Replika? Yah, intinya cuma satu, jangan cepat tergiur dengan harga ponsel pintar yang terlalu murah. Dan juga, pastikan anda membeli ponsel pintar selalu di toko-toko resmi yang ada di seluruh Indonesia untuk menjamin keaslian barang yang anda beli.
sumber : .money.id

About the author

Nina Marliana

Leave a Comment