Loading...
Uncategorized

Bug Pokemon Go: Gym, Pokestop & Pokemon Hilang

Pokemon GoPokemon Go

Update terbaru Pokemon Go yang mengusung noor versi 0.33 memang memperbaiki sejumlah bug dan menambahkan beberapa fitur baru. Namun, update ini ternyata juga membawa bug baru. Berdasarkan laporan beanyak pengguna, Pokemon Go versi terbaru ini terdapat bug yang membuat tiga elemen penting dalam game menghilang dari peta, yakni Gym, Pokestop, dan Pokemon.

Beberapa pengguna sempat mengeluh karena tidak bisa bermain game karena mendadak Gym, Pokestop, dan Pokemon lenyap dari peta mereka. Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, belum ada tanggapan dari Niantic Labs selaku pengembang game yang saat ini tengah meroket. Meski tak semua trainer mengalami masalah ini, tetapi jelas mengganggu pengalaman bermain.

Spekulasi yang beredar di internet menyebutkan bahwa menghilangnya tiga elemen utama Pokemon Go ini bukanlah bug, melainkan salah satu cara Niantic untuk mencegah pemain menggunakan bot. Lenyapnya Gym, Pokestop, dan Pokemon ini merupakan salah satu bentuk soft banning untuk alamat IP yang dicurigai sebagai bot. Namun, informasi ini belum jelas kebenarannya.

Beberapa gamer malah berpendapat bahwa lenyapnya tiga elemen tersebut adalah disebabkan koneksi internet. Ada beberapa pengguna yang mengalami masalah tersebut setelah beralih dari jaringan WiFi ke data seluler. Gamer asal Filipina juga mengalami masalah ini setelah beralih dari koneksi 4G ke 3,5G. Meski tidak ada konfirmasi resmi dari Niantic, sepertinya ini sebab paling masuk akal.

Penulis sendiri juga sempat beberapa kali mengalami masalah ini dan dapat diselesaikan dengan melakukan restart smartphone. Meski cara ini sebenarnya tak selalu menyelesaikan masalah, seperti yang dilansir dari Phone Arena (12/08/2016).

Informasi sebelumnya, Pokemon Go telah melewati angka 100 juta download untuk platform Android. Perkembangan dan popularitas game ini memang sangat cepat dan bahan bisa dikatakan meroket. Game Pokemon Go ini mencapai 10 juta download dalam waktu seminggu dan mencapai 50 juta download dalam waktu 2 minggu saja setelah dirilis.

About the author

Nina Marliana