Anies Diminta Copot Walikota Tak Netral

0
42

Walikota Jakbar Anas Effendi (dua dari kiri) ikut hadir dalam perayaan Isra Miraj yang dihadiri Cagub Terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan.

Memalukan.info – Jurur Bicara (Jubir) Presidium Relawan Anies Sandi (PRAS) M Syaiful Jihad mengungkap keberadaan manusia kardus di balik kekalahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Syaiful, manusia kardus yang dimaksud adalah para pejabat yang pada saat pilkada lalu berlaku tidak netral karena secara terang-terangan berpihak dan membantu memenangkan Ahok, kemudian di saat Ahok kalah langsung membelot ke kubu Anies-Sandi.

“Para manusia kardus ini cukup banyak jumlahnya, dan saat ini sudah mulai terlihat gerak-geriknya,” ujar Syaiful, ditemui di markas pemenangan Anies-Sandi, Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (25/4).

Syaiful mengungkapkan, salah satu pejabat yang diduga bermental manusia kardus ini adalah Walikota Jakarta Barat Anas Effendi. Beberapa hari lalu saat Cagub Anies Baswedan menghadiri kegiatan Isra Miraj di Jakarta Barat yang diprakarsai mantan Sekda Fadjar Panjaitan, Anas Effendi yang notabene masih menjabat sebagai walikota tiba-tiba hadir. Bahkan yang bersangkutan ikut naik ke atas panggung.

Padahal saat Pilkada lalu Anas sangat tidak netral, karena sering hadir dan menyokong kampanye Ahok-Djarot. “Bahkan sepak terjang Anas sempat dilaporkan oleh Tim Sukses Anies-Sandi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan sempat diproses dan terancam sanksi,” kata Syaiful.

Syaiful juga meminta Anies-Sandi untuk memutasi dan memproses hukum para pejabat kardus, ketika nanti keduanya resmi diangkat sebagai gubernur dan wakil gubernur.
Karena apabila hanya dibiarkan, pada masa mendatang apa yang pernah dilakukan oleh mereka dikhawatirkan akan kembali diulangi. “Jangan hanya dimutasi, mereka harus juga diproses hukum dan jika terbukti bersalah harus diberikan sanksi tegas,” ketua Syaiful.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan Syaiful Jihad, ada sejumlah pejabat di kingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dinilai bermental manusia kardus. Selain Walikota Jakarta Barat Anas Effendi juga ada Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi.

Tri terungkap pernah menerbitkan surat larangan kepada RT dan RW di wilayah Jakarta Selatan untuk mendukung Anies-Sandi. Padahal sebagai masyarakat biasa RT dan RW memiliki hak politik yang dilindungi oleh undang-undang.

Kemudian juga ada Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede yang juga terlihat keberpihakannya. Selanjutnya ada juga beberapa kepala dinas yang sangat vulgar keberpihakkannya pada petahana. (hat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here