Anggota Komisi I DPR Ini Sayangkan DPD RI Dipimpin Ketum Parpol

0
29

Memalukan.info – Mantan Anggota DPD RI Elnino M. Husein Mohi angkat bicara terkait kisruh yang terjadi pada DPD pada beberapa hari lalu. Tentunya ia tidak menyangka dan menyayangkan apa yang terjadi pada DPD.

Menurut anggota Komisi I DPR itu, ada baiknya DPD menjaga tradisi bahwa pimpinan DPD bukanlah ketua partai politik. Sebab, ketika rakyat memilih anggota DPD pada pemilu, rakyat tahu bahwa caleg DPD bukanlah caleg parpol. “Sayang sekali jika DPD diketuai oleh seorang ketua parpol,” ucap Elnino kepada indopos.co.id di Jakarta, Kamis (6/4).

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, dalam hal perbedaan pendapat yang tajam dan keras. Baiknya DPD juga menjaga tradisi sejak 2004, yaitu menyelesaikan perdebatan kerasnya dalam pertemuan-pertemuan sebelum menggelar sidang paripurna.

“Supaya apa? Supaya ‘berantem’nya tidak ditonton rakyat. Kemudian sama-sama berkomitmen agar di rapat paripurna, perdebatannya tidak sampai kasar. Itu pun jika masih ada debat,” ucap pria asal Gorontalo itu.

Seperti diketahui, terpilihnya Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai Ketua DPD RI periode 2017-2019 mendapat pertentangan. Sejumlah pihak menilai terpilihnya OSO inkonstitusional dan ilegal.

Ketua Umum Partai Hanura itu terpilih secara aklamasi di sidang paripurna di Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa (4/4). Dia didampingi dua wakil ketua, yaitu Nono Sampono dan Damayanti Lubis. Pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Suwardi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here