14 perempuan polos dalam kalender Pirelli 2017

0
255

Peter Lindbergh, Nicole Kidman, Uma Thurman, Helen Mirren, dan CEO Pirelli Group Marco Tronchetti Provera.

Peter Lindbergh, Nicole Kidman, Uma Thurman, Helen Mirren, dan CEO Pirelli Group Marco Tronchetti Provera. © AP /AP

Apa yang lebih indah dari tubuh seorang perempuan? Tentu saja isi hatinya.


Fotografer beken Peter Lindbergh mencoba membuktikan bahwa hal itu bukan pernyataan klise belaka. Dan usahanya layak diacungi jempol.


Kalender Pirelli yang populer akan foto-foto perempuan tak berpakaian dan berpose sensual di lokasi eksotis tinggal cerita lama. Waktu berlalu, kini The Cal–begitu sebutannya–tampil beda.


Dinukil dari ELLE, kalender yang bertajuk Emotional ini diluncurkan di Paris, Selasa (29/11/2016) waktu setempat. The Cal memuat 40 gambar 14 perempuan populer dari empat benua hasil bidikan Lindbergh.


Mereka adalah Hellen Mirren (71), Julianne Moore (55), Nicole Kidman (49), Uma Thurman (46), Robin Wright (50), Jessica Chastain (39), Lea Seydoux (31), Lupita Nyong’o (33), Zhang Ziyi (37), Rooney Mara (31), Penelope Cruz (42), Charlotte Rampling (70), Alicia Vikander (28), dan Kate Winslet (41). Terakhir, Lindbergh menggandeng profesor teori politik Rusia nan jelita, Anastasia Ignatova.


Dalam peluncuran The Cal, Lindbergh bilang para perempuan ini telanjang padahal berbusana karena kameranya melucuti mereka sampai ke jiwa. Lindbergh yang untuk ketigakalinya memotret untuk The Cal–sebelumnya pada 1996 dan 2002–mengatakan, karyanya tahun ini adalah seruan atas potret kecantikan masa kini yang cenderung meneror dengan citra kesempurnaan di usia muda.



Lindbergh ingin menunjukkan perempuan yang sebenarnya. Tanpa riasan tebal atau penyuntingan gambar. “Sebagai artis saya merasa berkewajiban membebaskan perempuan dari ide keawetmudaan abadi dan kesempurnaan. Potret ideal kesempurnaan di masyarakat adalah hal mustahil untuk dicapai,” kata Lindbergh dikutip CNN.


Foto-foto dalam The Cal edisi 2017 difoto pada Mei dan Juni 2016 di Los Angeles, New York, Berlin, London dan Le Touquet, Prancis. Kalender ini adalah edisi ke-44 sejak pertama kali terbit pada 1964.


The Cal adalah salah satu alat promosi perusahaan ban asal Italia ini. Pirelli menjadikannya hadiah akhir tahun bagi para klien dan orang-orang penting bagi perusahaan mereka. Setiap tahun, mereka hanya mencetak dua ribu kopi saja.


Banyak fotografer ternama yang terlibat dalam pembuatan The Cal. Sebut saja Terry Richardson, Bruce Weber dan Mario Sorrenti. Tahun lalu, The Cal juga mendobrak tradisi perempuan seksi berpose sensual. Lewat bidikan kamera Annie Leibovitz, terpilihlah perempuan perempuan berprestasi, terlepas dari warna kulit, bentuk tubuh, dan profesi mereka.


Washington Post menulis, pendekatan Leibovitz dan Lindbergh terhadap potret perempuan alami ini sejalan dengan tren tampil apa adanya. Seperti gerakan no make up yang kini sedang marak di barat, yang dilakukan Alicia Keys sejak Mei 2016.


Seperti dikatakan Hellen Mirren, “Tak diragukan lagi, ini adalah pergeseran budaya, keterbukaan sesungguhnya, dan perubahan besar.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here