10 perancang busana Indonesia buka butik di New York

0
37

Mode di New York, Amerika Serikat Mode di New York, Amerika Serikat © Ollyy /Shutterstock

Tak terlena dengan media daring sebagai sarana menjual karya dengan mudah, beberapa perancang mode Indonesia hijrah ke luar negeri.

Walaupun toko daring sedang menjamur, ternyata masih banyak perancang busana yang menginginkan karyanya dijual di toko secara langsung. Tak tanggung-tanggung, sepuluh perancang lokal bergabung dan membuka butik di Soho, New York, Amerika Serikat.

Kapanlagi melansir, sekitar sepuluh nama yang sudah dikenal di dunia mode Indonesia siap membuka butik mereka pada akhir April 2016 mendatang. Butik itu diberi nama Indonesian Fashion Gallery.

IFG sendiri, seperti dilansir Wolipop, diprakarsai oleh Indonesia Creative Hub, sebuah perusahaan konsultan yang memfasilitasi kebutuhan perancang busana lokal dalam mengembangkan bisnisnya ke pasar internasional. Perusahaan ini juga bermisi mendukung salah satu program pemerintah, yakni meningkatkan kapasitas ekspor nasional.

Mendukung program tersebut, di Indonesian Fashion Gallery ini mereka akan membuka gerai-gerai khusus untuk rumah mode asal Indonesia. Zaskia Sungkar, Alleira, C By Angel, CLO by Coreta, Iwan Tirta, Mel Ahyar, Sky.Inc, Vivi Zubedi, Sabbatha, Anniesa Hasibuan adalah nama-nama perancang yang akan berpartisipasi dalam butik ini.

Dalam ulasan Liputan6 disebutkan, salah satu perancang yaitu Anniesa Hasibuan menjamin akan mematok harga yang tak seberapa mahal untuk karyanya yang akan dijual di sana. Harga produknya sendiri hanya akan berkisar USD50 (sekitar Rp660 ribu) hingga USD150 (sekitar Rp1,9 juta).

Sama antusiasnya, Zaskia Sungkar juga mengaku sangat senang akan kesempatan ini. Ia sangat bersyukur karena bisa turut memasarkan busana muslim ke pasar Amerika Serikat dengan cara yang mudah.

Sementara ini hanya akan ada sepuluh nama yang membuka tokonya di akhir bulan. Sudah ada sepuluh nama lain yang direncanakan akan ikut mengisi kompleks butik tersebut.

Kesepuluh perancang dikabarkan akan terbang ke New York akhir bulan ini untuk mengadakan pertunjukan bagi para pembeli khusus dan tamu undangan pada 26 April. Toko khusus bagi perancang Indonesia baru akan dibuka untuk umum pada 29 April 2016 di Soho – 76 Wooster St. New York USA 10012.